Perlintasan tol

Perlintasan tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta, Bogor dan Ciawi
Hongkong

Perlintasan tol (di Indonesia dinamakan juga sebagai perlintasan bebas hambatan) adalah suatu perlintasan alternatif bagi mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun bagi mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain.

Bagi menikmatinya, para pengguna perlintasan tol wajib membayar sesuai tarif yang berjalan. Penetapan tarif didasarkan pada klasifikasi kendaraan. Yang diciptakan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat dinamakan pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih diketahui sebagai gerbang tol. Yang diciptakan ini pada umumnya ditemukan di dekat pintu keluar, di permulaan atau kesudahan jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika Anda memasuki suatu perlintasan layang.

Di Indonesia, perlintasan tol sering diasumsikan sinonim bagi perlintasan bebas hambatan, meskipun hal ini sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak semua perlintasan bebas hambatan memerlukan bayaran. Perlintasan bebas hambatan seperti ini dinamakan freeway atau expressway (free berarti "gratis", dipisahkan dari jalan-jalan bebas hambatan yang memerlukan bayaran yang dinamakan tollway atau tollroad (kata toll berarti "biaya").

Sejarah

Stan tol zaman ke-19 di Kings County, New York

Sejarah tol membentang lagi ke mitologi Yunani di mana para penambang dibebankan Charon tol bagi membawa yang buntu di sungai Acheron dan Styx ke Hades. Jika jiwa membayar tol, Charon diangkut ke seberang sungai. Jika tidak, itu mengembara selang suasana padam dan kehidupan bagi selamanya.

Banyak jalan-jalan Eropa modern pada permulaannya didirikan sebagai perlintasan tol bagi menutup biaya konstruksi. Di Inggris zaman ke-14, sebagian perlintasan yang paling banyak digunakan diciptakan dengan uang dibangkitkan dari tol sesuai hibah pavage. Turnpike trust didirikan di Inggris dari 1706 dan seterusnya, dan kesudahannya bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan perlintasan utama yang paling di Inggris dan Wales, sampai mereka secara bertahap dihapuskan dari 1870-an. Kebanyakan mempercayai perlintasan yang tidak kekurangan ditingkatkan, tetapi sebagian yang baru, pada umumnya hanya membentang pendek perlintasan, juga didirikan. Perlintasan Thomas Telford Holyhead (sekarang A5 road) yang luar biasa sebagai perlintasan baru sangat panjang, didirikan pada permulaan zaman 19 dengan gerbang tol banyak sepanjang panjangnya.

Sebagian kota di Kanada memiliki perlintasan tol di zaman ke-19. Perlintasan memancar dari Toronto yang diperlukan pengguna bagi membayar di gerbang tol di sepanjang perlintasan (Yonge Street, Bloor Street, Davenport Road, Kingston Road)[1] dan menghilang setelah 1895.[2]

Zaman ke-19, perlintasan papan pada umumnya dioperasikan sebagai perlintasan tol. Salah satu dari perlintasan motor pertama AS, Long Island Motor Parkway (yang diungkap pada tanggal 10 Oktober 1908) didirikan oleh William Kissam Vanderbilt II, cucu buyut dari Cornelius Vanderbilt. Perlintasan itu ditutup pada tahun 1938 ketika diambil alih oleh negara anggota New York sebagai pengganti pajak lagi.[3][4]

Pada zaman ke-20, tol perlintasan telah dikenalkan di Eropa bagi membiayai pembangunan jaringan perlintasan tol dan infrastruktur perlintasan tertentu seperti jembatan dan terowongan. Italia telah dibentuk sebagai negara Eropa pertama yang menerapkan penggunaan tol perlintasan bebas hambatan pada anggota perlintasan raya km 50 dekat Milan pada tahun 1924. Hal ini diikuti oleh Yunani, yang menghasilkan pengguna bagi membayar bagi jaringan perlintasan raya di sekitar dan selang kota-kotanya pada tahun 1927. Lalu pada 1950-an dan 1960-an, juga Perancis, Spanyol dan Portugal mulai mendirikan perlintasan raya sebagian akbar dengan pertolongan konsesi, memungkinkan perkembangan pesat infrastruktur ini tanpa hutang Negara akbar. Sejak itu, perlintasan tol telah dikenalkan di kebanyakan negara anggota Uni Eropa.[5]

Variasi

Sebagian perlintasan tol biaya tol hanya dalam satu arah, seperti penyeberangan selang Pennsylvania dan New Jersey dioperasikan oleh Delaware River Port Authority, dan penyeberangan selang New Jersey dan New York dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey, memanfaatkan metode ini (dalam koordinasi dengan E-ZPass transponder sistem elektronik) mengingat jarak selang jembatan di sepanjang sungai, lalu lintas kawasan komuter, dan tol serupa di setiap jembatan.

Pembayaran tol dapat diterapkan secara tunai, dengan kartu kredit, dengan kartu pra-bayar, atau oleh sistem pengumpulan tol elektronik. Di sebagian negara Eropa, pembayaran diterapkan dengan memanfaatkan stiker yang ditempelkan pada kaca hadapan. Sebagian gerbang tol bersifat otomatis. Tol mungkin bervariasi sesuai dengan jarak yang ditempuh, gedung dan biaya pemeliharaan perlintasan tol, dan jenis kendaraan.

Tiga sistem perlintasan tol ada: terbuka (dengan plaza tol penghalang aliran utama); ditutup (dengan tol masuk/keluar) dan menyingkap perlintasan (tidak tidak kekurangan gerbang tol, hanya pengumpulan tol elektronik di pintu datang dan keluar, atau di lokasi strategis pada garis-utama jalan). Perlintasan tol modern sering memanfaatkan kombinasi dari tiga, dengan beragam tol datang dan keluar dilengkapi dengan garis-utama adakalanya.

Penghalang

Plaza tol di M6 Toll di Great Wyrley dekat Birmingham di England, Britania Raya

Pada sistem tol terbuka, semua kendaraan padam di beragam lokasi di sepanjang perlintasan raya bagi membayar tol. Meskipun hal ini dapat menghemat uang dari tidak begitunya kebutuhan bagi mendirikan gerbang tol di setiap perlintasan keluar, hal ini dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas sementara lalu lintas antrian di plaza tol garis-utama (hambatan tol). Hal ini juga mungkin bagi pengendara bagi membawa datang 'jalan tol terbuka' setelah satu penghalang tol dan keluar sebelum yang berikutnya, sehingga bepergian di perlintasan tol bebas pulsa.

Tiket masuk/keluar

Sebuah tiket dari Turnpike Kansas.

Dengan sistem tertutup, kendaraan mengumpulkan tiket ketika memasuki perlintasan tersebut. Dalam sebagian kasus, tiket menampilkan biaya tol yang wajib dibayar pada keluar. Setelah keluar, pengemudi wajib membayar jumlah yang tercantum bagi keluar yang diberikan. Jika tiket lenyap, sopir pada umumnya wajib membayar jumlah maksimum yang mungkin bagi perjalanan di perlintasan raya itu. Perlintasan tol yang pendek dengan tidak tidak kekurangannya pintu masuk/keluar di tengahnya mungkin hanya memiliki satu plaza tol di satu sisi, dengan pengendara perjalanan di kedua arah membayar biaya rata adun ketika mereka memasuki atau ketika mereka keluar dari perlintasan tol. Dalam sebuah variasi dari sistem tol tertutup, hambatan aliran utama yang benar pada kedua ujung perlintasan tol, dan pertukaran masing-masing memiliki perlintasan tol yang dibayarkan pada kala keluar atau datang. Selain itu, dengan kebanyakan sistem, pengendara hanya dapat membayar tol dengan uang tunai dan/atau perubahan; debit dan kartu kredit tidak diterima. Namun, sebagian perlintasan tol mungkin memiliki plaza perjalanan dengan ATM sehingga pengendara dapat menghentikan dan menarik uang tunai bagi tol.

Tol dihitung dengan jarak yang ditempuh pada perlintasan tol. Di Amerika Serikat, contohnya, Kansas Turnpike, Ohio Turnpike, Perlintasan Tol Indiana, Pennsylvania Turnpike, New Jersey Turnpike, dan anggota dari Massachusetts Turnpike, dan Turnpike Florida kala ini menerapkan sistem tertutup. Di Indonesia, sistem ini adalah yang paling sering digunakan sebagai sistem pembayaran tol.

Buka perlintasan

Jalur tol buka perlintasan di Perlintasan tol Barat 163 plaza, pada Tri-State Tollway dekat Crest Hazel, Illinois, Amerika Serikat

Dalam sistem perlintasan terbuka tidak tidak kekurangan pengumpulan uang tunai terjadi, tol pada umumnya dikumpulkan dengan memanfaatkan transponder dipasang pada kaca hadapan setiap kendaraan, yang terkait dengan rekening nasabah yang didebit bagi setiap penggunaan perlintasan tol. Pada sebagian perlintasan, seperti Perlintasan Raya 407 dekat Toronto, Ontario, mobil dan truk ringan tanpa transponder diizinkan bagi memanfaatkan perlintasan (meskipun truk dengan berat kotor kendaraan lebih dari 5.000 kilogram wajib memiliki transponder)[6] - Tagihan bagi tol karena lalu dikirim ke pemilik terdaftar dari kendaraan melewati surat; Sebaliknya, Fort Bend Westpark Tollway dekat Houston, Texas, mengharuskan semua kendaraan yang akan dilengkapi dengan transponder.[7]

Galeri perlintasan tol

Referensi

  1. ^ Toronto.ca
  2. ^ Lostrivers.ca
  3. ^ Patton, Phil (2008-10-12). "A 100-Year-Old Dream: A Road Just for Cars". The New York Times. Diakses 2010-03-27. 
  4. ^ BBS.keyhole.com
  5. ^ Jordi, Philipp (2008): "Institutional Aspects of Directive 2004/52/EC on the Interoperability of Electronic Road Toll Systems in the Community." Europainstitut der Universität Basel.
  6. ^ "407 ETR — FAQs". 407 ETR. 2009-06-29. Diakses 2009-08-31. 
  7. ^ Peter Samuel (2005-08-14). "Westpark Tollway opens in Fort Bend Co TX". TOLLROADSnews. Diakses 2009-08-31. 

Lihat pula

Pranala luar

 
Tipe perlintasan
 
Permukaan perlintasan
Aspal beton · Bata · Chipseal · Batu bulat · Beton · Korduroi · Tanah · Kerikil · Es · Perlintasan Aspal · Aspal · Papan · Campuran kerikil
 
Persimpangan perlintasan
 
 
Operasional
 
 
 
 
 
 
Antarpulau
Motorway CZ.svg
 
Tahap Konstruksi
Perlintasan Tol Antasari-Depok · Becakayu · Perlintasan Tol Solo-Ngawi · Perlintasan Tol Gempol-Pasuruan · Kertosono-Mojokerto · Perlintasan Tol Cikampek-Palimanan
 
Rencana
Perlintasan Tol Balikpapan-Samarinda · Perlintasan Tol Pontianak-Singkawang · Perlintasan Tol Dalam Kota Pontianak · Perlintasan Tol Jayapura-Merauke · Perlintasan Tol Sorong-Manokwari · Bandung Inner Ring Road · Perlintasan Tol Batang-Semarang · Perlintasan Tol Ciawi-Sukabumi · Perlintasan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan · Perlintasan Tol Padalarang-Ciranjang  · Perlintasan Tol Dumai-Rupat · Perlintasan Tol Gempol-Pandaan · Perlintasan Tol Medan-Binjai · Perlintasan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi · Jembatan Selat Malaka · Perlintasan Tol Menado-Bitung · Perlintasan Tol Ngawi-Kertosono · Perlintasan Tol Palembang-Indralaya · Perlintasan Tol Kayuagung-Palembang-Betung · Perlintasan Tol Pandaan-Malang · Perlintasan Tol Pasirkoja-Soreang · Perlintasan Tol Pasuruan-Probolinggo · Perlintasan Tol Pekanbaru-Dumai · Perlintasan Tol Pemalang-Batang · Perlintasan Tol Probolinggo-Banyuwangi · Perlintasan Tol Semarang-Demak · Perlintasan Tol Demak-Kudus · Perlintasan Tol Kudus-Pati · Perlintasan Tol Pati-Rembang · Perlintasan Tol Serangan-Tanjung Benoa · Perlintasan Tol Serpong-Balaraja · Perlintasan Tol Solo-Yogyakarta · Perlintasan Tol Sukabumi-Ciranjang · Jembatan Selat Sunda · Perlintasan Tol Tegineneng-Babatan  · Perlintasan Tol Bakauheni-Bandar Lampung · Perlintasan Tol Dalam Kota Bandar Lampung · Perlintasan Tol Bandar Lampung-Palembang · Perlintasan Tol Palembang-Prabumulih · Perlintasan Tol Palembang-Siapi-api · Perlintasan Tol Palembang-Jambi · Perlintasan Tol Kota Jambi-Tanjung Jabung · Perlintasan Tol Pekanbaru-Palalawan · Jembatan Selat Singapura · Perlintasan Tol Padang-Padang Panjang · Perlintasan Tol Padang Panjang-Bukittinggi · Perlintasan Tol Bukittinggi-perbatasan Riau · Perlintasan Tol Tebing Tinggi-Kuala Tanjung
 
Tidak Berfungsi
Jembatan Tol Mojokerto · Jembatan Citarum · Perlintasan Tol Porong-Gempol
 


Sumber :
jakarta-barat.al-quran.co, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, informasi.web.id, dll-nya.