
Kereta api.
Kereta api yaitu sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, patut berlangsung sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang menyelenggarakan aksi di rel. Kereta api yaitu alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berlangsung sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut ada ukuran relatif luas sehingga mampu ada isinya penumpang maupun benda/barang dalam skala besar. Sebab keadaannya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berupaya memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat patut di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
Sejarah
Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berlangsung di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini dipergunakan khususnya di kawasan pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membikin kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membikin mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan warga umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan dipergunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang dipergunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan diterapkan untuk menemukan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta kebanyakan.
Penemuan listrik oleh Michael Faraday membikin beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian dipergunakan untuk membikin trem listrik yang yaitu cikal kandidat kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih berdaya dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan mengembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang kesudahannya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.
Jenis-jenis kereta api
Dari babak propulsi (tenaga penggerak)
- kereta api uap
- kereta api diesel
- terdiri dari
- kereta diesel listrik
- kereta diesel hidrolik
- kereta rel listrik
- kereta rel sugeng
Dari babak rel
Kereta api rel konvensional
Kereta api rel konvensional yaitu kereta api yang umum dijumpai. Mengabdikan rel yang terdiri dari dua batang baja yang diletakan di bantalan. Di kawasan tertentu yang memliki tingkat ketinggian curam, dipergunakan rel bergerigi yang diletakkan di tengah tengah rel tersebut serta mengabdikan lokomotif khusus yang memiliki roda gigi, dan hanya ada di pulau Pulau Sumatera & jawa
Kereta api monorel
Kereta api monorel (kereta api rel tunggal) yaitu kereta api yang jalurnya tidak seperti jalur kereta yang biasa dijumpai. Rel kereta ini hanya terdiri dari satu batang besi. Letak kereta api dirancang menggantung pada rel atau di atas rel. Sebab efisien, biasanya dipergunakan sebagai alat transportasi kota khususnya di kota-kota metropolitan dunia dan dirancang mirip seperti jalan layang.
Dari babak di atas/di bawah permukaan tanah
Sekiranya sebuah kota dibangun dengan lintas layang atau bawah tanah, maka tidak ada pintu jalan kereta api, sehingga jadwal kereta api dapat 1,5 - 2 menit sekali seperti yang terjadi di Jepang. Oleh sebab itu KRL di Jakarta tidak jangan-jangan dioperasikan tidak cukup dari 10 menit, sebab sedang ada pintu jalan kereta api, akibatnya juga setiap rangkaian KRL selalu penuh.
Kereta api permukaan (surface)
Kereta api permukaan berlangsung di atas tanah. Umumnya kereta api yang sering dijumpai yaitu kereta api kategori ini. Biaya pembangunannya untuk kereta permukaan yaitu yang termurah dibandingkan yang di bawah tanah atau yang layang. Umumnya pelintasan permukaan ini di Indonesia dibangun sebelum Perang Dunia II.
Kereta api layang (elevated/viaduct)
Kereta api layang berlangsung di atas dengan bantuan tiang-tiang, hal ini untuk menghindari persilangan sebidang, agar tidak memerlukan pintu jalan kereta api. Biaya yang dikeluarkan sekitar 3 (tiga) kali dari kereta permukaan dengan jarak yang sama, misalnya untuk kereta api permukaan membutuhkan $ 10 juta maka untuk kereta api layang membutuhkan dana $ 30 juta. Di Jakarta ada satu pelintasan dari Manggarai ke Kota lalu stasiun Gambir. Pada lintas tengah ini, Manggarai - Kota, tidak ada pintu jalan kereta api. Rencana semula untuk lintas timur (Jatinegara - Senen - Kota) dan lintas barat (Manggarai - Tanah Abang), juga akan dilayangkan namun keuangan tidak memadai, sehingga hanya lintas tengah saja yang ditamatkan sementara ini. Rencananya dari Senayan ke Kuningan terdapat lintas layang monorel hasil pekerjaan Malaysia.dari pada itu terdiri dari rangcangan yang telah negara sesuaikn tentang sejarah kereta api.
Kereta api bawah tanah (subway)
Kereta api bawah tanah yaitu kereta api yang berlangsung di bawah permukaan tanah (subway). Kereta kategori ini dibangun dengan membangun terowongan-terowongan di bawah tanah sebagai jalur kereta api. Umumnya dipergunakan pada kota kota besar (metropolitan) seperti New York, Tokyo, Paris, Seoul dan Moskwa. Selain itu beliau juga dipergunakan dalam skala lebih kecil pada kawasan pertambangan. Biaya yang dikeluarkan sangat di atas harga pasaran sekali, sebab sering menembus 20m di bawah permukaan, kali - kontruksi maupun jalan, yaitu 7 (tujuh) kali lipat dari pada kereta permukaan. Misalnya sekiranya untuk membangun dengan jarak yang sama untuk permukaan membutuhkan $ 10 juta, maka yang di bawah tanah memerlukan $ 70 juta. Di Jepang pembangunan lintas subway telah dimulai sejak tahun 1905.Jakarta rencananya akan dibangun subway segmen Dukuh Atas ke Kota dari Proyek MassTransit Jakarta.
Album
- Kereta api
GE U20C "Full-Width Cabin" in Indonesia, #CC203-22
GE U20C full computer control locomotive in Indonesia, #CC204-06
Dari babak penggunaan
- Kereta Api Penumpang
- Kereta Api Benda/barang
Lihat pula
Referensi
Pranala luar
- Kereta Api Model
- Kampung Sepur
- Harga Tiket Kereta Api
Sumber :
wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, m.andrafarm.com, jakarta-barat.andrafarm.com, dsb-nya.