Perlintasan Tol Semarang-Solo
Informasi rute | |
---|---|
Berdiri: | 2009-2013 (Beroperasi s.d. Seksi II) – sekarang |
Persimpangan luhur | |
Dari: | Kota Semarang |
Simpang Susun Tembalang Simpang Susun Ungaran Simpang Susun Bawen | |
Ke: | Kota Surakarta |
Letak | |
Kota besar: | Kota Semarang Kota Surakarta |
Sistem perlintasan lepas sama sekali hambatan | |
Sistem Tol Gerbang Tertutup (Close) |

Perlintasan Tol Semarang-Solo yaitu perlintasan tol di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Perlintasan Tol Semarang-Solo menghubungkan Kota Semarang,Salatiga dengan Surakarta serta melewati 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo. Tol ini mulai dibentuk tahun 2009 oleh Jasa Marga dengan total yang diseberangi sepanjang 72,64 km [1] ini sampai saat ini pembangunannya sedang berjalan. Perlintasan tol ini merupakan anggota dari Perlintasan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Perlintasan Tol Semarang dengan
Perlintasan Tol Solo-Ngawi yang juga telah mulai konstruksi.
Daftar isi
Seksi
Tol ini terbagi dilahirkan lima seksi:[2]
1 | Seksi 1 (Tembalang - Ungaran) | 16.3 km | |
2 | Seksi 2 (Ungaran - Bawen) | 11.3 km | |
3 | Seksi 3 (Bawen - Salatiga) | 18.2 km | |
4 | Seksi 4 (Salatiga - Boyolali) | 22.4 km | |
5 | Seksi 5 (Boyolali - Karanganyar) | 11.1 km |
Pembangunan Perlintasan Tol Semarang-Solo membutuhkan biaya investasi sebesar 6,1 triliun rupiah, biaya konstruksi 2,4 triliun rupiah, dan biaya pengadaan tanah 800 miliar rupiah.[3] Konstruksi tol seksi I Semarang (Tembalang)-Ungaran dimulai pada awal tahun 2009. Seksi I Semarang-Ungaran telah beroperasi sejak November 2011, sedangkan bagi seksi II Ungaran-Bawen sempat beroperasi sementara selama aliran mudik 2013 lalu dan diinginkan dapat tidak bersisa secara penuh tahun 2014.
Jembatan Tol
SEKSI I (TEMBALANG-UNGARAN)
- Jembatan Banyumanik 1.
- Jembatan Banyumanik 2.
- Jembatan Gedawang.
- Jembatan Penggaron.
- Jembatan Susukan.
Rute
Perlintasan Tol Semarang-Solo Seksi I Tembalang-Ungaran saat ini telah beroperasi, sehingga secara terus terhubung dengan
Perlintasan Tol Semarang Seksi C di Tembalang. Berikut yaitu detail ruas
Perlintasan Tol Semarang-Solo Seksi I.
Km | Persimpangan | Asal/Tujuan | Keterangan | ||
---|---|---|---|---|---|
0.0 | Simpang Susun Tembalang | ![]() UTARA ![]() Jatingaleh/Krapyak Kaligawe/Pelabuhan Tanjung Emas ![]() ![]() | Half Trumpet Interchange | ||
![]() ![]() Perlintasan Tol Berawal/Tidak bersisa | |||||
![]() Batasan Operasional PT. Trans Marga Jateng Perlintasan Tol Berawal/Tidak bersisa | |||||
- | Ramp Perlintasan Tirto Luhur | Perlintasan Tirto Luhur UTARA Tembalang Universitas Diponegoro SELATAN ![]() ![]() | |||
GERBANG TOL BANYUMANIK Sistem Tol Gerbang Tertutup Bayar Tol : Tunai | |||||
![]() Batasan Wilayah Kota Semarang Kecamatan Banyumanik ![]() Batasan Wilayah Kabupaten Semarang Kecamatan Ungaran Timur | |||||
- | Simpang Susun Ungaran | GERBANG TOL UNGARAN Kota Ungaran UTARA ![]() SELATAN ![]() ![]() ![]() | Trumpet Interchange |
Pembangunan ini mendapat sambutan baik dari Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Ia merasakan bahwa dengan tidak kekurangannya perlintasan tol ini akan membantu keberhasilan pembanguan proyek perlintasan tol Semarang-Solo sebagai program pengembangan jaringan perlintasan di Jawa Tengah. Semarang sebagai ibukota provinsi memiliki peran luhur bagi mendesak kesibukan perekonomian daerah, dimana perlintasan tol ini akan memperkuat transportasi darat, khususnya akses perlintasan Semarang menuju Jogjakarta dan Solo, ataupun sebaliknya. [4] Pemerintah Kota Salatiga menginginkan simpang susun (interchange) tol Semarang-Solo di sekitar pusat kota bagi mengantisipasi probabilitas Salatiga dilahirkan kota buntu kesudahan suatu peristiwa realisasi tol ini.[5]
Referensi
- ^ Maulidin, Ade (14 Juli 2012). "PT Trans marga Jateng".
- ^ "Tol Semarang-Solo". Departemen Pekerjaan Umum.
- ^ "Konstruksi Tol Semarang-Solo Dimulai". INILAH.COM. 31 Januari 2009.
- ^ "Perlintasan Tol Ungaran Bawen Mulai Konstruksi.". 1 agustus 2013.
- ^ "Perlintasan tol Solo-Semarang, Salatiga ngotot menginginkan interchange di pusat kota.". Solopos. 23 Juli 2009.
Ruas sebelumnya: Perlintasan Tol Semarang | Perlintasan Tol Trans Jawa | Ruas berikutnya: Perlintasan Tol Solo-Ngawi |
|
|
jakarta-barat.kurikulum.org, wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, sepakbola.biz, dan lain sebagainya.